Sabtu, 23 Maret 2013

Unagi Kabayaki (うなぎ蒲焼) Made In Indonesia

Pernahkan anda makan unagi kabayaki di restoran Jepang, misalnya di Sushi Tei, Sushi Groove, Shin Men, Midori?, menunya terdiri dari unagi kabayaki (sidat panggang) yang lezat yang dimakan bersama dengan nasi, ditambah sop miso, dan ocha dingin (teh hijau) yang sangat nikmat. Sekarang untuk unagi kabayaki dari ikan sidat asli Indonesia jenis Anguilla Bicolor sp. yang dibudidayakan sudah bisa dibeli dan dinikmati di  Indonesia.
Unagi Kabayaki di Restoran Sushi Tei
Unagi kabayaki di Restoran Sushi Groove

Dari hasil budidaya ikan sidat di salah satu farm binaan kami Unity  Eel Farm, telah berhasil memproduksi ikan sidat panggang khas Jepang (Unagi Kabayaki).

Unagi Kabayaki Lezaat Made in Unity Eel Farm

Budidaya ikan sidat dilakukan di lahan farm seluas 1,5 ha., dengan luas total kolam 7.200 m2 dan terus dikembangkan sampai 10.000 m2. Kapasitas panen ikan sidat di kolam budidaya mencapai 20 ton per tahun sidat hidup, atau panen sekitar 1,7 ton per bulan. Dengan produksi kabayaki 1 ton per bulan.
Kolam Sidat Unity Eel Farm 400 m2 (1 dari 22 kolam)

 
Video Kolam Sidat Unity Eel Farm (1 dari 22 kolam)

Ikan sidat dipelihara dari anakan sidat (elver) dan fingerling berkualitas seberat 5 gram sampai dengan 50 gram, kemudian dipanen saat mencapai ukuran 200 gr ~ 350 gr (ukuran sidat konsumsi). Sidat budidaya di farm ini gemuk, kepala kecil dibanding badan, dan mengandung lemak yang cukup, memberi aroma nikmat, saat dipanggang.

Dari sidat hidup yang dipanen dapat diperoleh sidat panggang (unagi kabayaki) dengan kapasitas 1 ton per bulan, untuk pasaran lokal dan eksport. Unagi kabayaki kami digunakan restoran-restoran Jepang terkemuka di Indonesia dan luar negeri, karena kualitas unagi kabayaki kami sangat tinggi dan rasa yang sangat enak.

Unagi Kabayaki beku [Frozen Roasted Eel with Souce]
Dalam proses pembuatan unagi kabayaki, ikan sidat di fillet, tanpa kepala dan tulang. Kemudian di panggang dengan saos original, hingga harum dan empuk, kemudian dikemas dalam kemasan vacuum, dan dibekukan dalam mesin pendingin (daya tahan dalam kondisi beku bisa seumur dibekukan).
Kualitas ikan sidat produksi Unity Eel Farm ini, produk unagi kabayakinya  memiliki grade AAA+ sangat empuk, gurih, dengan aroma yang mengundang selera, juga kandungan lemak yg seimbang, mengandung EPA, DHA, Omega 3, Protein, asam amino lengkap yang sangat tinggi. Juga Vit E, A, B12, Niacin, Thiamin yang sangat tinggi, dibanding ikan salmon, telur, daging sapi, susu, dan daging ayam. Sangat bagus untuk anak-anak dan balita serta bayi, untuk perkembangan otak dan kecerdasan yang super, di jaman yang kompetitif ini kecerdasan anak dapat dipacu dengan nutrisi dari ikan sidat panggang ini. Sidat juga dianggap sebagai "ginseng laut", obat keperkasaan laki-laki (aphrodisiac), penambah stamina.  

Mengenai rasa sudah dibuktikan oleh para pembeli dan mereka yang mencicipi, mereka bilang: "sidatnya enak sekali". Hal tersebut didapat karena ikan sidat dipelihara dalam lingkungan terkontrol, dengan Recirculated Aqua Culture System, juga green water. Sumber air yg digunakan sangat bagus kualitas Aqua, serta pemberian pakan menggunakan pakan pabrikan, yang diberikan sesuai untuk sidat budidaya, dengan protein yang tinggi. Kandungan nutrisi dan nilai gizi bisa di lihat di http://indonesian-eel.blogspot.com/2011/09/nutrisi-ikan-sidat.html

Cara menyajikan unagi kabayaki ini sangat sederhana, ikan sidat beku dalam kemasan vacuum di rendam di air hangat (air jangan sampai masuk kemasan), sampai lunak, dibuka kemasannya dan ditaruh ditatakan microwave kemudian dimasukan ke dalam microwave selama 2 menit. Jika menggunakan oven keluarkan unagi kabayaki yg sudah lunak (bungkus dengan alumunium foil, lalu masukan ke dalam oven. Sajikan dengan saos kabayaki, bisa juga dengan saos teriyaki, dan soup miso, dimakan dengan nasi.

Mengenai harga, Unagi Kabayaki kami tawarkan  hanya Rp 600.000 per kg, dikemas beku dalam plastik vacuum 100, 125 gr, 150 gr, 175 gr, 180 gr,  200 gr, 250 gr, 275 gr, dan 300 gr. Harga adalah jauh lebih murah dibanding dengan sidat import dari Jepang (Made in China) yang mahal Rp 820.000 s/d Rp 1.130.000 per kilogram, jika di check di Setia Budi Supermarket dan Riau Junction di Bandung, atau Cosmo, Ranch Market supermarket Jepang dan Korea di Jakarta dan kota besar lain. Bisa dibandingkan dengan harga sidat di Jepang, lihat situs Rakuten Jepang:
http://search.rakuten.co.jp/search/mall/%E3%81%86%E3%81%AA%E3%81%8E%E8%92%B2%E7%84%BC/-/

Harga ikan sidat di Jepang untuk sidat hidup, dan olahan dapat dilihat di: 
http://www.fis.com/fis/reports/report.asp?l=e&specie=128

Untuk pemesanan ikan sidat panggang / Unagi Kabayaki Unity Eel Farm, berlaku term dan condition:  


Pengiriman dalam kemasan styrofoam diberi es atau dry ice, unagi sudah dalam keadaan beku di plastik vacuum. Setelah sampai ditujuan dimasukan kembali ke dalam freezer.
 

Kondisi Unagi Kabayaki:
  1. Beku dalam kemasan plastik vacuum, baru fresh dari kolam max 2 minggu, sudah dipanggang dengan saos unagi kabayaki original.
  2. Kemasan pengiriman styrofoam diberi es, atau dry ice.
  3. Ongkos kirim 65 ribu rupiah/ kg dari Bandung ke Jakarta, untuk kota lain kami bekerjasama dengan JNE ongkos kirim bergantung kota tujuan .
  4. Harga Unagi Kabayaki 1 kg Rp. 600.000
  5. Sidat ditimbang dengan timbangan digital
  6. Untuk sample corporate pengambilan minimum 10 kg (bisa 1 ~ 2 kg untuk sample perorangan). Pembelian selanjutnya untuk corporate minimum 100 kg.
  7. Kapasitas produksi terbatas, hanya 1 ton unagi kabayaki per bulan.
Pembayaran:
  1. Pembayaran total: biaya per kg x berat sidat + berat sidat x ongkos kirim
  2. Pembayaran di transfer dimuka ke Rekening Bank Mandiri KCP Bandung Dago No. Rek. Bank Mandiri : 131-00-0649372-2 atas nama Ir. ARIYA HENDRAWAN
  3. Foto scan bukti pembayaran kirim ke email ariya_hnd@yahoo.com untuk konfirmasi, dan pemberitahuan by phone ke No. HP : +628875001727 atau +6281214009822
Pengiriman:
  1. Pengiriman akan dilakukan lewat JNE/ TIKI ke alamat pemesan, untuk Bandung-Jakarta, Bandung - Jogyakarta, Bandung - Denpasar akan sampai di esok hari untuk pengiriman pagi hari.
  2. Pengiriman akan dilakukan setelah uang diterima, atau paling lambat 1 hari setelah pembayaran dimuka diterima.
  3. Bukti pengiriman akan difoto/ scan dan dikirim lewat email ke alamat buyer, mohon informasi jika barang sudah diterima by phone juga email.
  4. Jika jumlah banyak kami mengirim dengan mobil kami dengan fasilitas cold storage ke wilayah Jawa Barat dan Jabodetabek.

Pembelian Unagi Kabayaki kami bisa menggunakan PayPal dan kartu kredit serta kartu debit Visa maupun Master Card sudah Termasuk Ongkos Kirim untuk seluruh kota besar di Jawa, Bali Sumatera. 


Salam Sidat
Ir. Ariya Hendrawan  [Unity Coop]
- Unity - Eel Farm Development & Marketing Consultant -

HP : +628875001727 atau +6281214009822
Komunitas Sidaters di Facebook: http://www.facebook.com/groups/sidaters/
Group sidaters binaan Ariya Hendrawan 1050 orang: http://groups.yahoo.com/group/sidat


Kami juga menyediakan jasa konsultasi pembuatan farm sidat, dengan pengalaman di persidatan sejak tahun 2006 juga kursus private budidaya sidat. Kapasitas farm budidaya sidat yang kami layani konsultasi dan pembuatannya 20 ton - 200 ton/ tahun, dengan proyek berbasis konsultasi dan komisi. Kami membuatkan anda farm yang efisien, modern. open ponds, closed ponds, super intensive, intensive, or semi intensive recirculated aqua culture system, dengan gaya Jepang, Taiwan, atau Eropa, yang disesuaikan dengan kondisi lokal.
Desain Integrated Farm 3D 
Copyright © Ariya Hendrawan

Kami menyediakan jasa teknik, desain dan konstruksi, pengadaan perlengkapan farm untuk pengembangan farm budidaya anda. selain itu kami membuatkan proposal proyek yang layak mendapat pinjaman bank, desain farm 3D, membuat perencanaan usaha (bussiness plan), analisa finansial, simulasi budidaya dengan komputer, melatih dan memberikan training budidaya, serta membuat resirkulasi air kolam budidaya (water treatement facilities). Juga kami membuatkan pabrik dan fasilitas pabrik unagi kabayaki anda.
Desain Kolam Recirculated Aquaculture System 3D GE -Elver
Copyright © Ariya Hendrawan
Siap dibangun proyek kami berikutnya farm sidat modern optimal, sesuai dengan alam di Indonesia terintegrasi di Parung (Sawangan) Bogor, di lahan 3 hektar, dengan dengan kapasitas budidaya 100 ton sidat hidup per tahun dengan fasilitas pendederan glass eel. Kami mengundang investor untuk berinvestasi mulai dari Rp 100 juta, s/d Rp 1 milyard. Total biaya investasi Rp 10 milyard, ditambah 1 pabrik unagi kabayaki senilai 2 milyard. Untuk farm budidaya kpasitas 200 ton/ tahun biaya investasi berkisar 22 milyard sudah dengan pabrik Unagi kabayaki. INVESTOR DALAM DAN LUAR NEGERI WELCOME. KAMI JUGA MELAYANI KURSUS PRIVATE BUDIDAYA DAN PENDAMPINGAN BUDIDAYA [MENTORING - TECHNICAL ADVISORY]
Our Next Eel Farm Project @ Parung 100 - 200 tonnes Live Eels/ years

16 komentar:

Richi Hanamichi mengatakan...

Pak Ariya, saya pengunjung setia Blog ini. Saya sangat tertarik untuk budiya Sidat, mohon sarannya ke mana saya harus belajar budidaya sidat? Apakah ada tempat mangang yang kira-kira bersedia menerima saya? Saya dari Bengkulu. terima kasih, Pak.

Ariya Hendrawan mengatakan...

Yang ada memang pelatihan, belajar di komunitas/ group sidat. Kalau magang sy kurang tahu.

Marichi mengatakan...

Kalo pelatihan, dimana Pak? Tolong informasinya, Pak Arya. terimakasih
ini email saya; richimarichi@gmail.com

Ariya Hendrawan mengatakan...

Untuk Sementara baru ada pelatihan private

jalu mengatakan...

wah bagus sekali.. saya pingin belajar ni..

Djoko Prastowo mengatakan...

ada yang sudah bisa mengawinkan sidat?,
sampai keluar sidat2 kecil berwarna merah jambu?
cuma aku yang bisa.....

wimawan cimahi mengatakan...

Saya baru mulai praktek dengan dasar teori yg masih sangat dangkal boleh share informasi kalau ada





imam ciprut mengatakan...

Keren sob

www.kiostiket.com

Anonim mengatakan...

Pak joko..bagaimana cara kawinnya sidat. Apa ada pelatihannya?

Benazir Ayu mengatakan...

Pak... Bisa info lokasi pembudidayaan sidat? Saya mau beli untuk konsumsi/ saya bisa datang ke tempatnya. Terima kasih untuk infonya

calus nova mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
calus nova mengatakan...

untuk platihan ada biaya ngga pak.?

calus nova mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
calus nova mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Budiman Ishak mengatakan...

Pak Ariya, untuk pelatihannya kira2 ada kapan lg pak? Saya sangat berminat dan skr sedang proses pembuatan kolam. Mohon petunjuk, saya domisili dibandung jg. Tks pak Ariya.

Kristanto mengatakan...

Sedia sidat siap konsumsi bos 200-250grm Harga 350... Stok terbatas hanya ada 3 ton... Minat hubungi kristanto 081231472881

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...