Sabtu, 09 Juli 2011

Hal yang Diperlukan Untuk Memulai Budidaya Ikan Sidat


Dear all sidaters, usaha budidaya sidat sudah berkembang sejak tahun 1894 di Jepang (117 tahun),  didukung budaya makan ikan di Jepang, juga faktor lingkungan seperti estuaria Hamana (ko), Aichi dan iklim yang lebih moderate di Jepang selatan. Pengalaman saya sekitar 2003 menanam gurame dan air tawar, dengan pola kerjasama dan bagi hasil, dengan melepas begitu saja tanggung jawab ke pengelola, maka tidak ada kontrol manajemen (ikan kuntet kuntet), kemudian ada petak kolam yang di potas sama orang lain sehingga ikan ikan mati  bergelimpangan (ini memerlukan evaluasi faktor sekurity).


Juga dahulu saya mencoba game-game simulasi seperti Business Simulation ratusan kali untuk mendapatkan sense of business (ada usaha farmingnya, bagaimana membuat jalur marketing, produksi dlsb), memang lebih mudah untuk low cost entry adalah trading, brookerage, tapi untuk tersedianya produksi tentu harus membuat industri. Dapat dipahami pentingnya diversifikasi produk (kalau istilah pertaniannya tumpangsari, atau  polyculture). Kalau sekarang mungkin ada game Sim Farm (saya belum pernah mencoba).

Dengan latar belakang Computer System Engineering dari ITB, jadi IT Manager di Perusahaan HPH terbesar di Kalimantan Tengah 272.000 ha (1996-2000), ada plywood mill di Sampit dengan karyawan 1200 orang, dengan komunikasi satelit ke tengah hutan, melihat hutan pada gundul di Kalimantan, ditambah lagi adanya
kerusakan Ekologi akibat lahan 1 juta ha yg terbengkalai di Jaman Soeharto.

Sempat ke Edinburgh University, UK di Scotlandia, Ingris Utara belajar Sistem Simulasi Pengelolaan Hutan berkelanjutan dan membuat model model pertumbuhan pohon, probabilitas pohon tumbang dll. dengan komputer, prinsipnya untuk pengelolaan sistem seperti farming, kehutanan, perikanan, adalah mampu beradaptasi dengan alam, mengevaluasi setiap ancaman di depan dll.

Pengalaman yang lain: Teman-teman saya 10 orang menanam cabe, masing masing kumpulin duit 12 juta, cabe sudah besar besar mulai merah. Tetapi hujan terus menerus, tidak ada kontrol manajemen, akhirnya tanaman cabe terserang patek dan membusuk. Jadi Controlling sangat penting, dan konsep manajemen POAC juga sangat penting.

Jadi tidak sekedar rumusan Oxygen+ food + fish + water + management + markets = $$$$$

Tapi penting Juga mencoba seperti Bob Sadino, seperti keterangan pak Hanief Akbar (anggota milis sidaters), "orang bodoh kebanyakan bisa kaya". Tapi teman saya yang lain katakan "Orang kaya pasti orang
pintar". Memang banyak orang orang berpendidikan rendah jadi kaya.

Berikut ini saya sadurkan dari Eel Culture (Atsushi Usui)

Hal hal yang dibutuhkan untuk mulai budi-daya sidat
Karakter dari Person In Charge (PIC)
  1. Apakah anda mempunyai naluri bisnis, dan pengetahuan dari prosedur keuangan?
    Apakah anda mengetahui detail ilmiah biologi sidat? 
  2. Apakah anda bertangan dingin, dan mempunyai kemampuan teknis praktis seperti
    membangun struktur bangunan dari beton? Jika anda tipe “high powered
    tycoon”, anda akan cepat menjadi bosan dengan budi daya sidat, dan keluar
    dari usaha.
Pembiayaan Modal
  1. Apakah anda memiliki cukup modal untuk menutup biaya modal, dalam memulai usaha
    budidaya. 
  2. Apakah anda memiliki modal yang cukup untuk membayar biaya operasional dari usaha
    budidaya.
Kebutuhan Dasar

  1. Apakah anda membaca semua literatur yang dibutuhkan untuk memulai usaha budidaya
    sidat? Anda mesti meninjau usaha budidaya komersial, dan pusat budidaya milik pemerintah, untuk melihat model budi daya, dan menemui orang orang yang dapat memberi anda saran saran. Dapatkah anda berkunjung ke Jepang selama 2 minggu untuk melihat industri sidat sebenarnya. 
  2. Apakah anda meminta pendapat ahli ahli dalam bidang bidang seperti menjalankan usaha, perbankan, akuntansi, real estate, teknik, biologi.
  3. Untuk membangun usaha budidaya, anda mesti meminta ijin badan pengelola air sungai dan perencanaan daerah. Orang orang yg ditemui tersebut akan mempunyai saran yg membantu, lebih awal anda menghubungi mereka, lebih mudah mereka menolong anda.
  4. Buat detail biaya dari biaya operasi, buat estimasi saat biaya tinggi dan produksi rendah
Gambaran Umum Lokasi Budidaya

  1. Apakah suplai air sekurangnya 18.000 m3 yang masih tersedia pada musim kering di
    tahun berjalan? Air bisa didapat di sungai, danau, dan juga sumur bor. 
  2. Kualitas air yang disuplai?

·        Apakah air yang di supply bebas dari polusi, check bagian hilir aliran jika dari
sungai, jika ada pembuangan limbah industri. Tanyakan petani apa insektisida
yang mereka gunakan dan bila mereka menggunakannya. Air tidak perlu terlalu
bening, agak keruh juga tidak apa-apa. Jika ada sidat di air, maka kualitas air
cukup baik.

·        Bagaimana anda dapat mendeteksi polusi yang memasuki farm anda?

·        Bagai mana anda dapat mencegah polusi memasuki farm anda?

·        Bagaimana langkah anda jika terjadi kerugian karena polusi? 

  1. Banjir: Apakah anda yakin bahwa lokasi tidak terkena banjir? 
  2. Area: Anda memerlukan sekitar 1,5 ha untuk membangun kapasitas produksi 40 ton per tahun (di Jepang, di Indonesia ongkos sewa tanah sekitar 2 juta/ th di Jawa Barat). Dibutuhkan 4 ha lagi untuk ekspansi, ini dapat dilakukan dengan pembelian, atau sewa.
  3. Apakah ada jalan dan aliran listrik?
Tinjauan Biologi
  1. Elver: Dimana anda akan mendapatkan elver? Berapa harganya? Pada bulan apa elverdidapat? 
  2. Penyakit:Jika sidat sakit fasilitas apa yang anda ketahui untuk mendiagnosis penyakitnya? Dimana ahli parasitologi? Atau ahli penyakit ikan yang dapat membantu anda? Berapa biaya pengobatan ikan? 
  3.  Pemberian pakan: Berapa harga pakan per (kg, ton) untuk pakan buatan? Bagaimana dengan harga dari pakan alami (ikan runcah)? Berapa harga per (kg, ton), apakah memerlukan frezer untuk menyimpannya? 
  4. Marketing, keuntungan anda bergantung dengan harga jual ikan anda. Anda memerlukan pengetahuan marketing dan skill. Apakah anda akan menjual sidat anda dalam partai pada pengepul? Atau apakah anda akan menjual dalam jumlah kecil ke retailer pada harga yang lebih tinggi? Pembeli mana yang anda kontak? 
  5. Apakah anda berencana membuat produk olahan dari sidat anda dan melakukan pengepakan?Perlu melihat harga pasar, trend harganya, dan pasar alternatif lain.
(Diterjemahkan bebas dari Eel Culture, Atsushi Usui oleh Ariya Hendrawan 2011)
DALAM KEBERSAMAAN DAN MELAYANI KITA KUAT DAN MENJADI BESAR

Salam Sidat

Ariya Hendrawan

23 komentar:

bambang soreang mengatakan...

Bagaimana aplikasinya untuk masyarakat kecil dan kecil sekali kalo ber niat untuk ikut main di dunia per SIDAT an boss
Terima kasih
Bambang Pur

Anonim mengatakan...

Mohon di share juga analisa biaya dan keuntungan (ekonomi) budidaya sidat untuk masyarakat kecil.
Terimakasih

Ariya Hendrawan mengatakan...

Untuk Budi daya sidat dengan investasi mulai dengan 1 juta rupiah bisa bergotong royong di forum sidat dalam komunitas Kelompok Budi Daya Ikan Sektoral, Hubungi pak Gozali di http://groups.yahoo.com/group/sidat analisis ekonomi dibahas di kelompok tersebut.

Dzulfikar mengatakan...

pak ariya hendrawan boleh dong saya di hubungkan dengan pak ghazali, saya pun juga barusan gabung dengan milis tsb. tapi lokasi saya di surabaya. tlg Pm saya alamat email pak ghazali di
dzulfikar.ayub@yahoo.com

Ariya Hendrawan mengatakan...

Kalau di Jawa Timur, mungkin sebaiknya berhubungan dengan pak Andre Budiono HP contact nya di milis

Anonim mengatakan...

mas ariya saya eriawan dari borneo..
1. Saya telah 2 tahun lebih berkecimpung di bidang pengepilan sidat alam hasil tangkapan nelayan dengan menggunakan pancing dan bubu..40 - 60 % hasil pancingan mengalami kematian..saya kesulitan menjual sidat dalam kondisi mati..bisakah mas arya memberikan informasi mengenai pembeli sidat mati..?...
2. alat tangkap yang saya tahu paling baik kualitasnya adalah bubu..namun saya kesulitan mencari informasi model bubu yang paling efektif untuk lokasi sungai besar yang berarus pasang surut ..

Anonim mengatakan...

mas ariya saya eriawan dari borneo..
1. Saya telah 2 tahun lebih berkecimpung di bidang pengepulan sidat alam hasil tangkapan nelayan dengan menggunakan pancing dan bubu..40 - 60 % hasil pancingan mengalami kematian..saya kesulitan menjual sidat dalam kondisi mati..bisakah mas arya memberikan informasi mengenai pembeli sidat mati..?...
2. alat tangkap yang saya tahu paling baik kualitasnya adalah bubu..namun saya kesulitan mencari informasi model bubu yang paling efektif untuk lokasi sungai besar yang berarus pasang surut ..

mohon kiranya anggota yang bisa membantu saya monon bantuan informasi ke awan_adhie@yahoo.co.id atau hp 085345880480

martha riana mengatakan...

saya tertarik budidaya Sidat ini, saat ini saya berdomisili di maumere, NTT. disini terkenal akan hasil laut, laut kondisinya masih bersih, akan tetapi minim sumber air tawar apa masih memungkinkan untuk budidaya sidat?

Anonim mengatakan...

Saya Enterpeneur Muda dari Malang, Jawa Timur . saya ingin belajar bagaimana cara budidaya sidat ? saya harap ada yang memberitahu info kepada saya dimana lokasi pembudidayaan ikan sidat di sekitar Jawa Timur khususnya di malang . terima kasih

Email = Manaz_krenz@yahoo.com
Hp = 08990383839

Anonim mengatakan...

saya berdomisili di sidoarjo jawa timur. Saya mau belajar bagaimana cara budidaya sidat di kolam beton
bisa kasih infor masi dmana pelatihan yang gratis
mohon email ke: e_wijaya2007@yahoo.com
terima kasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

Pak Ariya Hendrawan

Salam kenal.

Saya baru mau mulai budidaya Sidat di Cilacap tepatnya di Segara anakan kampung laut.
Saat ini baru selesaI membeli lahan seluas 5000 m2.
yang mau saya tanyakan dari lahan 5000 m2 berapa ideal untuk membuat kolam pembesaran dengan kapasitas tabur 100 kg per kolam.
terima kasih salam Sidater

Raton

a.f. shodiqin mengatakan...

kira2 modal awal mau budidaya sidat berapa?

bobycoal mengatakan...

Gan,kalo untuk area malang blitar ada kh yang jadi suplier sidat GE ato elver ato fingeerling dan skaligus jd buyernya?
Thanks gan infonya

Anonim mengatakan...

Mohon info untuk budidaya ikan sidat
Analisa modal dsb sd. Mencari pembeli
Bisa melalui yondaime201224@yahoo.com

As'ad Mas'ud Salasa mengatakan...

Kami berminat untuk berinvestasi dibidang Budidaya Ikan Sidat ini diwilayah Maluku Utara, krn diwilayah ini cukup mudah juga utk mendapat kan Sidat nya... Mohon konfirmasi...

aries journey mengatakan...

saya sebagai pengangguran berminat untuk mencoba bisnis ini, mohon infonya ke aries.wibowo.98@gmail.com
terima kasih

agung raka Arimbawa mengatakan...

Saya berminat untuk membudidayakan ikan sidat mohon info untuk pelatihannya, terimakasih

Wahyu Setiawan mengatakan...

mohon informasi lebih lengkap untuk perkiraan modal dan pemasarannya, bisa ke Suhendra.yuli@yahoo.com
terimakasihh........

alexander salim mengatakan...

saya minat budidaya sidat, siap kerjasama, atau invest? hubungin saya di alson.printing@yahoo.com , thank you
alexander.

Anonim mengatakan...

Misi pak ariya, saya ingin belajar bagaimana cara budidaya sidat? Apakah ada lokasi pembudidayaan ikan sidat di sekitar Jawa Timur khususnya disurabaya supaya saya bisa belajar langsung. Terima kasih
Email = fakhriyy@yahoo.co.id

hendabunasa kendrol mengatakan...

saya pembudidaya sidat skala kecil, gimana caranya tergabung dalam kelompok expor sidat email = humazilkendrol1979@gmail.com

Anonim mengatakan...

untuk daerah jember,pasar jual sidat dimana? atau minimal kota terdekat? ada info ga bos?? trims
email : eza_0102@yahoo.com

Anonim mengatakan...

kami punya lahan 5000 m2 50% empang..didaerah pamulang...bagi yg butuh lahan utk budidaya sidat bisa kerjasama sama sy hub seno di 08129765229 / 085325215100
email = martaseno333.ms@gmail.com

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...